(Tips) Gagal LTMPT jalur SBMPTN  ? Saya harus apa ?

Masuk perguruan tinggi negeri merupakan impian dari banyak orang, terkhusus siswa-siswi lulusan SMA/SMK/Sederajat. Beberapa hari yang lalu hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021 telah diumumkan. Muncul banyak reaksi yang dirasakan peserta dari hasil pengumuman ini. Pilihan yang dirasakan hanya dua, yakni kabar suka dan duka. Kabar suka akan menggembirakan apabila peserta lolos seleksi ini. Dan kabar dukanya, apabila peserta belum berhasil lolos dari seleksi ini. 

Nah, kalau Sobat sudah melihat hasil penguman dan belum mendapatkan hasil yang diharapkan, tetap semangat ya Sobat. Masih banyak jalan yang dapat dilalui menuju “Roma”. 

Berikut beberapa tips yang dapat Sobat lakukan setelah mengikuti SBMPTN :

1. Mengikuti Tes/Ujian Mandiri

Nah, pada tips yang pertama. Jika Sobat tetap kukuh pendirian dan ingin berkuliah di PTN favorit Sobat, pilihan lain yang dapat dilakukan untuk berkuliah di PTN tersebut adalah dengan mengikuti ujian mandiri yang diadakan oleh PTN. Informasi mengenai ujian mandiri ini bisa didapatkan di web masing-masing PTN dan juga melalui cek di profil kampus favorit Sobat. 

Namun, perlu diingat sebagai bahan pertimbangan, beberapa PTN yang membuka ujian mandiri biasanya menarik biaya yang lebih mahal untuk uang pangkal hingga uang semester. Jadi Sobat, sebelum mengambil keputusan pahami dulu mengenai biaya kuliah dengan kesanggupan yang Sobat miliki.

2. Mendaftar di Universitas Swasta

PTN bukan segalanya, Sobat dapat mempertimbangkan juga adanya PTS. Banyak PTS yang memiliki kualitas terbaik dan bahkan dapat bersaing dengan PTN atau bahkan mengunggulinya. 

Tips : Sebelum memilih PTS yang Sobat inginkan, ada prosedur yang wajib Sobat lakukan yakni pengecekan akreditasi perguruan tinggi, fakultas dan jurusan, serta biaya yang dikeluarkan. 

3. Mendaftar di Pendidikan Vokasi, Politeknik dan Akademi

Pendidikan lain seperti vokasi, politeknik dan akademi juga dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Pada pendidikan Vokasi biasanya menyediakan tingkat pendidikan jenjang D3, Politeknik dan Akademi menyediakan pendidikan jenjang D1 hingga D4. Sistem pendidikan ini mengedepankan kerja praktik daripada teori, jika dibandingkan dengan jenjang S1 selain itu beberapa pendidikan vokasi dan politeknik juga menyediakan sistem kedinasan atau ikatan kerja dengan beberapa perusahaan ternama.

4. Kuliah di Luar Negeri

Nah Sobat, saat ini ada banyak beasiswa yang ditawarkan pada siswa Indonesia jika ingin kuliah ke luar negeri. Perlu diketahui pengalaman internasional Sobat bakal unggul dibanding lainnya. 

5. Bekerja Freelance/harian lepas

Nah bagi Sobat yang masih ingin mengikuti SBMPTN sebagai tahap akhir karena mungkin keterbatasan finansial dan sebagainya, tidak masalah. Sobat dapat mengasah hobi, skill, serta minat. Sobat dapat bekerja secara freelance untuk menghasilkan cuan yang bisa kalian jadikan modal biaya kuliah di tahun selanjutnya.

6. Menjadi Entrepreneur/Berwirausaha

Ketika bosan cuma belajar mempersiapkan SBMPTN, Sobat dapat melakukan aktivitas lain dengan usaha atau jualan. Dengan kegiatan ini, sobat dapat mengeksplorasi hal-hal yang belum banyak diketahui sekaligus menambah pengalaman Sobat.

7. Mengikuti SBMPTN Tahun Depan

Pilihan terakhhir yang dapat Sobat lakukan adalah mengikuti SBMPTN di tahun selanjutnya. Pilihan ini dapat diambil oleh kalian yang ingin mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) dengan pilihan jurusan yang diminati.

Kegagalan SBMPTN dapat menjadi pengalaman Sobat untuk mengetahui trik dan taktik yang tepat saat ujian seleksi yang akan datang, tentunya untuk mengasah mental. Jadi, tetap semangat dan pantang menyerah ya Sobat. Masih banyak peluang yang belum kamu coba! Terima kasih semoga bermanfaat. 

 


Necun Suliandari
Necun Suliandari Mari belajar untuk berproses dan berkembang!