Connect with us

Pandemi Covid-19 dan Pergantian Musim, Lakukan Cara Ini untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh!

Kesehatan

Pandemi Covid-19 dan Pergantian Musim, Lakukan Cara Ini untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh!

Di masa pandemi dan pergantian musim seperti saat ini, kasus penyakit menjadi lebih banyak dari biasanya. Kita akan rentan terkena penyakit. Nah, oleh karena ini kita wajib melindungi diri dari penyakit yakni dengan menjaga kesehatan tubuh dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Daya tahan tubuh atau sistem imunitas tubuh dapat dijadikan benteng pertahanan utama dari berbagai kuman penyebab infeksi. Apabila daya tahan tubuh kuat, maka kuman yang berusaha menyerang akan dapat dikalahkan sehingga tubuh terhindar dari infeksi dan tidak terjadi sakit.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan daya tahan tubuh yang kuat agar tidak mudah terkena penyakit. Mari kita lakukan!

  1. Mengonsumsi makanan bergizi secara seimbang

Makanan bergizi secara seimbang merupakan asupan makanan dengan kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan yakni mencakup kandungan gizi 4 sehat 5 sempurna. Kandungan pada protein, karbohidrat, vitamin, mineral. Pada buah dan sayur bermanfaat untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral; nasi atau gandum untuk mendapatkan karbohidrat, makan daging dan kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan protein.

  1. Mengonsumsi vitamin C

Vitamin C dapat fungsi penting dalam meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh. Memasuki pergantian musim dan pandemi, pastikan sobat mengonsumsi lebih banyak makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Dapat juga menambah asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen vitamin C.

  1. Istirahat dengan cara cukup dan berkualitas

Tidur atau istirahat cukup setiap hari merupakan hal yang harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan bergizi. Dengan meningkatkan tidur berkualitas kita dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima sehingga sigap melawan patogen penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Kelola stres

Gangguan mental yakni stres juga bisa menjadi sumber penyakit, terutama jika gangguan stres mulai berlebihan dan tidak terkontrol. Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang berkepanjangan sehingga dapat menurunkan daya tahan tubuh. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengelola stres sebagai berikut yakni memiliki hobi, berolahraga, bertemu dengan teman, menyampaikan beban pikiran atau unek-unek, melakukan perawatan diri, dan refreshing.

  1. Berolahraga secara teratur

Salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh dapat dilakukan dengan berolahraga secara rutin. Berolahraga dapat menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, yakni dapat mencegah obesitas, melindungi diri dari risiko penyakit kardiovaskular, dan menekan risiko osteoporosis (pengeroposan tulang).

  1. Menghindari kebiasaan merokok

Di dalam rokok terdapat ribuan zat beracun yang dapat menurunkan imunitas tubuh. Dari kebiasaan merokok tentu dapat merugikan kesehatan. Karena itu, salah satu cara untuk menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh adalah menghindari rokok maupun perokok agar terhindar dari menghirup asap rokok.

  1. Membiasakan hidup bersih dan sehat
  2. Rajin cuci tangan

Rajin mencuci tangan penting dilakukan untuk melindungi diri dari penularan kuman penyebab penyakit. Rajin mencuci tangan dengan sabun akan mengoptimalkan upaya yang sudah dilakukan dalam menjaga atau meningkatkan imunitas tubuh.

9. Menjaga kebersihan diri

Tubuh yang bersih akan membawa manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Menjaga kebersihan diri berarti rajin membersihkan diri. Dapat dilakukan dengan mandi, menggosok gigi, mencuci rambut, mencuci tangan, serta mengganti pakaian. Dengan menjaga kebersihan diri, kita dapat mengurangi risiko penularan penyakit dari orang lain, baik dari kontak langsung maupun kontak tidak langsung.

10. Berjemur

Kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah vitamin D. Untuk mendapatkan vitamin D, kegiatan berjemur di bawah sinar matahari adalah salah satu solusi. Kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kekebalan tubuh bila dilakukan dengan tepat. Kegiatan berjemur dapat dilakukan pada pukul 08.00-09.00 WIB atau 11.00-13.00 WIB untuk meningkatkan produksi vitamin D di tubuh. Berjemur dapat dilakukan selama 10-15 menit saja per sesi, sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

11. Menjaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu faktor penting yang dapat dilakukan sebagai upaya meningkatkan imunitas tubuh. Tempat tinggal dengan sanitasi yang buruk dapat memberi peluang tumbuhnya beragam mikroorganisme penyebab penyakit dibandingkan tempat tinggal yang sanitasinya baik. Maka dari itu, menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal untuk menurunkan risiko terpapar kuman penyebab infeksi.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top