Connect with us

Peringatan! Waspadai, Tanda-Tanda Kamu Sedang LELAH MENTAL

Kesehatan

Peringatan! Waspadai, Tanda-Tanda Kamu Sedang LELAH MENTAL

Peringatan! Waspadai, Tanda-Tanda Kamu Sedang LELAH MENTAL

Sobat pernah gak sih kamu merasakan kelelahan tapi tidak lelah fisik, tidak berenergi, dan sulit tidur? Sebaiknya Sobat waspada hal ini dapat diidentifikasi sebagai kondisi kelelahan mental yang dapat dialami oleh siapa saja. Pada kondisi lelah mental dapat diartikan sebagai  merupakan kondisi di mana kamu merasakan kondisi kelelahan secara emosional dalam berkehidupan sehari-hari. Akibatnya seluruh beban pikiran ini menyatu pada emosi sehingga mengalami kelelahan.

Nah, pada kondisi ini harus segera diatasi secara tepat.  Untuk itu, pentingnya kita mengenali tanda-tanda kelelahan mental agar Sobat lebih paham dan dapat menyelesaikan masalah kelelahan mental. Yuk Sobat, simak ulasan kelelahan mental dan solusi pada artikel berikut.

Kenali Tanda Kelelahan Mental

Ketika pandemi saat ini, banyak orang bisa siapa saja yang mengalami kelelahan mental. Hal ini dapat terjadi dikarenakan adanya kondisi atau situasi yang jadi penyebab adanya stres dalam jangka waktu yang lama. Sehingga dampaknya dapat menambah beban emosi dan pikiran  kemudian mengalami kelelahan mental. Apabila seseorang mengalami ini, ia akan merasa terjebak dalam satu situasi yang sulit dan tidak memiliki kekuatan untuk mengatasi penyelesaian masalahnya.

Disini kalian dapat melihat berbagai tanda yang perlu diwaspadai terhadap kondisi kelelahan mental. Tanda-tanda kelelahan mental yang dapat kalian kenali :

  1. Kehilangan Motivasi dalam melakukan aktivitas

Ketika seseorang mengalami kelelahan mental, dampaknya akan lebih mudah kehilangan motivasi atas apa yang akan dilakukan. Selain itu, seseorang tersebut juga akan merasa hasil kerjakan pasti akan buruk, meskipun telah mengerjakannya dengan sebaik mungkin.

  1. Tingkat Stres Tinggi (Emosi, Tidak Fokus)

Ketika seseorang merasa kondisi stres yang tidak kunjung reda, bisa jadi ini tanda dari kelelahan mental yang kalian alami. Stres bisa berakibat juga pada pola makan dan aktivitas kalian,

  1. Lebih Mudah Tersinggung dan Sensitif

Seseorang akan merasa lebih sensitif dari biasanya, hal ini merupakan salah satu tanda yang harus kalian tahu. Hal ini bahkan dapat berlaku pada hal-hal kecil yang biasanya dianggap wajar. Sikap mudah tersinggung ini juga membuat kalian kerap meledakkan amarah dan putus asa.

  1. Kelelahan Fisik

Emosi atau mental yang mengalami kelelahan berkaitan langsung dengan fisik. Situasi ini menyebabkan adanya peningkatan risiko kelelahan fisik, gangguan tidur, sampai nyeri sendi dan otot. Selain itu, kelelahan mental jika tidak diatasi dapat menyebabkan kalian mengalami sakit kepala.

  1. Kesulitan Berkonsentrasi

Tekanan menjadi salah satu beban pada pikiran sehingga membuat kalian kesulitan untuk berkonsentrasi..

Jadi Sobat itulah beberapa tanda yang perlu kalian waspadai mengenai kelelahan mental. Sobat untuk kalian semua yang sedang merasakan kelelahan mental atau emosi. Terima apapun yang sedang terjadi, jangan dijadikan beban pikiran. Tetap semangat dan bahagia.  Perlahan atasi kelelahan mental dengan cara terima kemudian temukan solusi.

Oiya Sobat, apabila gejala yang berlangsung cukup lama dan memberi dampak negatif. Cobalah berbagi dengan orang-orang disekitarmu. Jika perlu segera minta bantuan pada tim medis agar kalian mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengatasi setiap permasalahan dan menemukan solusi bersama-sama. Sobat juga bisa melakukan perawatan kelelahan mental secara mandiri. Yakni sebagai berikut :

  • Tetap jaga pola makan dengan baik. Makan makanan sehat seperti buah dan sayur
  • Lakukan aktivitas menyenangkan sesuai dengan apa yang kalian inginkan. Bentuk apresiasi dan rileksasi pikiran.
  • Luangkan waktu dengan berolahraga secara rutin, agar tubuh menjadi rileks.

 

Sobat semoga bermanfaat ya. Terima kasih.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top