Connect with us

Bahan Tradisional Meningkatkan Imunitas Tubuh Menangkal Covid-19

Kesehatan

Bahan Tradisional Meningkatkan Imunitas Tubuh Menangkal Covid-19

Bahan Tradisional Meningkatkan Imunitas Tubuh

Pandemi Covid-19 kembali mengalami pelonjakan kasus saat ini terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Namun, banyak dari sebagaian besar masyarakat mungkin belum tahu, bahan tradisional baik rempah maupun bumbu dapur yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh bagi kesehatan.

Berikut ada beberapa cara dapat dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya :

  1. Tidur dan istirahat cukup
  2. Olahraga secara teratur
  3. Mengonsumsi makanan yang bergizi
  4. Hindari rokok
  5. Hindari alkohol

Selain melakukan 5 hal di atas, kamu juga dapat mengonsumsi minuman herbal yang memiliki khasiat meningkatkan imunitas tubuh. Kamu dapat membuat minuman herbal tersebut di rumah, hal ini dikarenakan bahan-bahan tersebut lebih mudah untuk ditemukan.

Berikut bahan tradisional dari bumbu dapur yang dapat membantu meningkatkan immunitas daya tahan tubuh kamu :

  1. Jahe merah

Seperti yang diketahui dari berbgaia sumber salah satunya mengutip dari buku yang berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiatnya, karya Arief Hariana, ia menjelaskan bahwa jahe merah memiliki kandungan gingerol, limonene, aspartic, caprylic acid, capsaicin, chlorogenic acid, dan farnesol. Kandungan inilah yang membuat jahe merah efektif meningkatkan daya tahan tubuh. Pemanfaatan jahe merah dapat dijadikan menjadi bentuk minuman atau wedang. Dalam praktek pembuatan wedang herbal dari jahe merah, kamu dapat menambahkan beberapa jenis bahan tradisional atau rempah-rempah lain seperti temulawak, lempuyang wangi, dan biji ketumbar.

Berikut langkah untuk membuat minuman herbal jahe merah :

  • Cucilah semua bahan lalu keringkan.
  • Setelah itu tumbuk semua bahan dan seduh satu sendok dari campuran remoah-rempah tersebut dengan setengah gelas air panas.
  • Kemudian tambahkan madu secukupnya.
  • Minuman herbal jahe merah siap disajikan.
  1. Sereh

Bahan tradisional yang selanjutnya adalah sereh. Sereh merupakan bumbu dapur yang mengandung minyak atsiri, vitamin C, dan B2. Sehingga kandungan ini bermanfaat memenuhi kebutuhan tubuh untuk dapat meningkat daya tahan dan immunitas tubuh.

  1. Kunyit

Seperti yang diketahui kunyit memiliki kandungan curcumin yang berperan sebagai imunomodulator alias meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh. Kandungan ini juga dapat membantu membunuh kuman, virus dan bakteri dalam tubuh.

  1. Jahe

Jahe memiliki kandungan minyak atsiri yang berperan sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.  Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, jahe juga bisa menghangatkan tenggorokan sehingga baik dikonsumsi saat pilek dan batuk.

  1. Lengkuas

Bahan tradisional bumbu dapur ini mengandung glikosida kuersetin yang memiliki efek antioksidan. Senyawa tersebut dapat mengikat radikal bebas yang menimbulkan penyakit.

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang harus selalu tersedia. Selain bermanfaat sebagai penyedap makanan, bawang putih juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bawang putih mengandung zat allicin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan aktivitas produksi sel darah putih. Tidak hanya itu, bawang putih juga bersifat antioksidan, sebagai penangkal radikal bebas.

  1. Ketumbar

Mengonsumsi ketumbar dengan rutin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, ketumbar juga mengandung antioksidan sehingga mampu melawan radikal bebas.

  1. Bawang merah

Bawang merah mengandung protein, peptida, serta kaya antioksidan. Kandungan inilah yang dapat membuat bawang merah baik untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Bahan tradisional di atas dapat berguna untuk memperkuat daya tahan atau imunitas tubuh menghadapi musim saat ini, serta dipercaya mampu membentengi diri dari serangan infeksi kuman, virus, dan bakteri. Semoga bermanfaat.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top