Connect with us

TIPS POLA MAKAN SEHAT BAGI SI SIBUK!

Tips

TIPS POLA MAKAN SEHAT BAGI SI SIBUK!

TIPS POLA MAKAN SEHAT BAGI SI SIBUK!

Setiap orang sebenarnya sudah mempunyai pola makan yang menyehatkan dengan penerapan Pedoman Gizi Seimbang yakni 4 Sehat 5 Sempurna. Namun, tak bisa diingkari jika kebiasaan dan kondisi tertentu menjadi penyebab masalah dalam perjalanan kita untuk menerapkan prinsip ini.

Nah, berikut berbagai tips yang dapat dijalankan untuk memertahankan pola makan sehat dan baik teruntuk kamu si Sibuk :

  1. Jangan Meninggalkan Sarapan

Sarapan jadi waktu makan paling utama, karena ini merupakan perjalanan awal  bagi tubuh untuh memperoleh energi dalam beraktivitas selama sehari penuh. Fungsi lain sarapan sehat juga dapat melindungi kita dari risiko berbagai penyakit, salah satunya diabetes tipe 2. Berikut terdapat jenis makan sarapan untuk melengkapi pola makan sehat bagi tubuh :

  • Makanan dengan karbohidrat kompleks.
  • Makanan yang tinggi serat.
  • Sumber protein.
  • Sumber lemak.
  1. Kurangi minum kopi

Kopi dapat membuat tubuh lebih segar ketika di pagi hari, namun jangan meminum secara berlebihan. Dampak langsung minum kopi yakni dehidrasi, hal ini dikarenakan kopi dapat mempermudah keluarnya air dari tubuh lewat urine. Apabila tubuh membutuhkan kopi sebelum aktivitas sehari-hari, cukup konsumsi 1 – 2 cangkir.

  1. Banyak meminum air putih

Pola makanan 4 sehat 5 sempurna tidak akan lengkap jik tidak diimbangi dengan mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan. Kebutuhan air dalam tubuh orang mungkin berbeda-beda hal ini disesuai dengan berat badan. Tapi, sebagai acuan, konsumsilah minimal delapan gelas air tiap hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh kamu. Asupan air yang tepat dapat menjaga kelancaran fungsi tubuh dan mampu melindungi tubuh dari dehidrasi. Nah, biasanya ketika dehidrasi tubuh akan mengirimkan sinyal lapar yang tidak sesuai. Dan inilah yang mengakibatkan seseorang kerap makan banyak tanpa sadar.

  1. Perbanyak makanan yang alami, batasi junkfood (makanan siap saji)

Hal yang baik untuk tubuhmu dapat kamu berikan dengan cara makan makanan yang segar dan alami. Sebisa mungkin, makanlah lauk-pauk, buah-buahan, dan sayuran langsung berasal dari pasar/ supermarket tanpa harus melewati proses pengawetan.

  1. Bijak menentukan makanan di restoran

Ketika kamu akan makan di restoran, cobalah unruk memerhatikan teknik pengolahan makanan yang akan kamu makan. Jika memungkinkan, cobalah memilih hidangan yang cara pemasakaannya yang lebih menyehatkan, seperti direbus, ditumis, dan dipanggang.

  1. Makan secukupnya

Walaupun makanan yang kamu makan adalah makanan yang sehat, perlu diingat bahwa porsinya harus tetap seimbang. Makan secukupnya dan berhenti apabila sudah mencapai 80% rasa kenyang. Dan apabila masih tetap lapar, coba tunggu 10 menit kemudian makan sedikit lagi. Makan dengan berlebihan tidak hanya dapat berdampak negatif untuk berat badan, namun dapat juga mengganggu kerja pencernaan.

  1. Makan secara teratur dan waktu yang tepat

Tubuh akan mengalami laju metabolisme yang dapat berubah sewaktu-waktu. Ketika malam hari tubuh akan mengalami metabolisme yang melambat hal ini dikarenakan tubuh kita mulai beristirahat. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan agar makan sebelum larut malam.

Nah sobat, kunci pola makan sehat adalah meyakini Pedoman Gizi Seimbang. Nah untuk itu kita perlu  mengonsumsi makanan sumber karbohidrat, buah dan sayuran, lauk-pauk sebagai sumber lemak dan  protein dengan jumlah yang sesuai. Selain itu, lengkapi juga vitamin serta mineral untuk menjaga fungsi tubuh.

Sebagai catatan tetap batasi makanan tinggi gula, kalori, dan lemak trans yang dapat berdampak buruk untuk kesehatan. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top